Skripsi PGSD
Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika : Penelitian Kuantitatif Dengan Pendekatan Kolerasional Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
Agustina Hernawati. 037115024. Hubungan Kemandirian Belajar dengan
Hasil belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor,
2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk
mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar
matematika. Objek penelitian ini adalah Sekolah Dasar Negeri Panaragan
1 Kota Bogor Kelas IV yang terdiri dari tiga rombongan belajar dengan
jumlah 105 siswa. Penelitian dilakukan pada Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan
kemandirian belajar dengan hasil belajar matematika ditunjukkan dengan
analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,71. Ini
menunjukkan adanya hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar
matematika, sedangkan koefisien determinasi (r2
) sebesar 0,50 atau
sebesar 50%. Sisanya sebanyak 50% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata
hasil belajar matematika sebesar 50% ditentukan oleh kemandirian belajar
melalui persamaan regresi Ŷ = 2,90 + 0,73X, artinya setiap kenaikan unit
nilai kemandirian belajar akan menyebabkan kenaikan hasil belajar
matematika sebesar 0,73 unit. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
terdapat hubungan yang positif antara Kemandirian Belajar dengan Hasil
Belajar Matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panaragan 1 Semester
Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
Tidak tersedia versi lain