Skripsi Indonesia
Penggunaan Media Pembelajaran Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fabel Pada Siswa Kelas VII SMP PGRI TUGU 207
i
ABSTRAK
Siti Heliana : Penggunaan media pembelajaran komik untuk meningkatkan
keterampilan menulis teks cerita fabel pada Siswa Kelas VII SMP PGRI Tugu
207. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Satra Indonesia, Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor 2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis teks
cerita fabel pada siswa kelas VII SMP PGRI Tugu 207 serta untuk mengetahui
kendala yang dialami siswa dalam menulis teks cerita fabel. Teknik pengumpulan
data yaitu tes, angket dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa
kelas VII SMP PGRI Tugu 207. Sampel penelitian ini adalah kelas VII D sebagai
kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster
random sampling. Hipotesis pertama penggunaan media komik dalam meningkatkan
keterampilan menulis teks cerita fabel dapat teruji kebenaranya. Hal tersebut
dibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-
rata 52,7 dapat diketahui keterampilan siswa kurang mampu dalam menulis teks
cerita fabel, sedangkan teks akhir rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks
cerita fabel meningkat menjadi 75,2 dengan taraf kemampuan cukup mampu. Hasil
perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus
uji t, diperoleh harga to= 3,8 dan db = 70 tt taraf signifikan 1% sebesar 2,38 serta tt
taraf signifikan sebesra 5% 1,67 dan apa bila dituliskan menjadi (1,67 2,38).
Siswa pun mengalami kesulitan dalam menyusun komplikasi pada saat proses
menulis teks cerita fabel, dilihat dari 26 atau 71% dan 29% siswa merasa kesulitan
dalam menyususn resolusi pada saat akan membuat teks cerita fabel. Kendala tersebut
terjadi pada saat proses menulis. Kendala terlihat ketika 21 atau 56% siswa
menuangkan ide untuk membuat orientasi pada saat menulis ke dalam bentuk teks
cerita fabel dan 16 atau 44% siswa tidak memperhatikan sasaran pembaca dalam
menulis teks cerita fabel.
Kata Kunci: teks cerita fabel, media komik.
Tidak tersedia versi lain