Skripsi PGSD
Hubungan Disiplin Belajar dengan Kemandirian Belajar Siswa : Penelitian Kuantitaif dengan Pendekatan Korelasional di Kelas IV SDN gugus 5 Wanaherang Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020
Myra Marliyanti. 037115033. Hubungan Disiplin Belajar dengan
Kemandirian Belajar Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor. 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif studi
korelasional. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui
hubungan disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas IV
Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Wanaherang Kecamatan Gunungputri
Kabupaten Bogor. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan
instrumen angket pada kedua variabel. Uji validitas instrumen disiplin
belajar dengan kemandirian belajar siswa dihitung menggunakan rumus
koefisein korelasi product moment pearson dan untuk rumus koefisien
reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Populasi dari penelitian
ini adalah 396 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 199 siswa yang
diperoleh menggunakan rumus Slovin. Pengujian prasyarat analisis
berupa uji normalitas (Liliefors), setelah uji normalitas kemudian dilakukan
pengujian homogenitas (Fishier). Data yang sudah dinyatakan normal dan
homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan
bahwa terdapat hubungan positif antara disiplin belajar dengan
kemandirian belajar siswa dengan analisis statistik yang menghasilkan
koefisien korelasi (ry) sebesar 0,66. Hal ini menunjukan adanya hubungan
antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa yang kuat,
dengan nilai Fhitung sebesar 150,19 lebih besar dari Ftabel dengan taraf
nyata 0,05 sebesar 3,89. Hal ini terbukti dari perhitungan persamaan
regresi Ŷ = 97,01+ 0,50X. Artinya setiap kenaikan unit disiplin belajar akan
menyebabkan kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,50 unit. Dari
hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat hubungan positif dan
signifikan antara disiplin belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas
kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gugus 5 Wanaherang Kecamatan
Gunungputri Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2019/2020.
2019SPGSD0109.c1 | 109 MAR | Rak Skripsi PGSD (RSP) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain