Skripsi PGSD
Analisis Pembelajaran Seni Angklung Pada Peserta Didik Tunagrahita : Studi Deskriptif Melalui Pendekatan Penelitian Kualitatif Pada Peserta Didik Kelas VI Sekolah Dasar Luar Biasa Bagian C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
Siti Nurjanah. 037115246. Analisis Pembelajaran Seni Angklung Pada
Peserta Didik Tunagrahita. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pakuan Bogor, 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif
Kualitatif. Tujuan dalam penelitia ini adalah Mendeskripsikan proses
pembelajaran seni angklung yang dimainkan oleh peserta didik
tunagrahita di Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C (SDLB – C) Dharma
Wanita Kota Bogor Tahun Pelajaran 2019/ 2020 dan Mengetahui hasil
pembelajaranseni angklung yang dimainkan oleh peserta didik tunagrahita
di Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C (SDLB – C) Dharma Wanita Kota
Bogor Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Subjek penelitian ini adalah peserta
didik tunagrahita, guru kesenian, dan kepala sekolah. Penelitian dilakukan
pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian
menunjukkan Sekolah Dasar Luar Biasa bagian C (SDLB – C) Dharma
Wanita Kota Bogor adalah sekolah khusus peserta didik tunagrahita yang
menyelenggarakan pembelajaran angklung sebagai mata pelajaran seni
budaya dan kegiatan ekstrakulikuler. Metode yang digunakan oleh guru
yaitu metode ceramah, tanya jawab dan berulang kepada peserta didik
tunagrahita untuk melatih daya ingat peserta didik yang lemah. Media
pembelajaran yang digunakan yaitu media audiovisual seperti mic, audio
speaker, dan media visual seperti papan tulis. Pemilihan materi
pembelajaran dipilih dengan menggunakan notasi angka dan mudah
dimainkan oleh peserta didik. Evaluasi pembelajaran, guru melihat dari
keaktifan peserta didik pada saat pembelajaran seni angklung
berlangsung seperti mendemonstrasikan materi yang telah guru
sampaikan. Walaupun peserta didik memiliki kelemahan daya ingat untuk
mengingat not lagu, tetapi peserta didik dapat memainkan angklung
dengan baik. dengan cara menghafal sedikit demi sedikit bagian mana
membunyikannya. Terdapat beberapa faktor pendukung yang membuat
pelaksanaan pembelajaran seni angklung yaitu guru, lingkungan, dan
sarana prasarana.
Kata kunci : Pembelajaran angklung, peserta didik tunagrahita
2019SPGSD0107.C1 | 107 NUR | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain