Skripsi Indonesia
Penerapan Model Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Siswa Kelas XI MAN 2 KOta Bogor.
ABSTRAK
Muhamad Faisal Assyuza: “Penggunaan Model Pembelajaran Problem Solving
dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas XI MAN 2 Kota
Bogor”. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidkan, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran problem
solving dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks pada
siswa kelas XI MAN 2 Kota Bogor, serta mengetahui kendala dalam menulis teks
prosedur kompleks. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan
menggunakan teknik random sampling, tes, angket dan observasi. Teknik random
sampling digunakan untuk memilih sampel, tes digunakan untuk mengetahui
peningkatan keterampilan menulis teks prosedur kompleks melalui model
pembelajaran problem solving. Sedangkan teknik angket digunakan untuk
mengetahui kendala siswa dalam menulis teks prosedur kompleks. Sampel penelitian
sebanyak 60 siswa yaitu kelas XI MIPA 4 berjumlah 30 siswa sebagai kelas
eksperimen, dan kelas XI MIPA 6 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol.
Hipotesis pertama terbukti kebenarannya, bahwa penggunaan model pembelajaran
problem solving dapat meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur kompleks.
Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keterampilan menulis teks prosedur
kompleks di kelas eksperimen. Hasil prates di kelas eksperimen diperoleh bahwa
siswa mempunyai tingkat kemampuan dengan nilai rata-rata 71. Hasil postes di kelas
eksperimen mempunyai tingkat kemampuan dengan nilai rata-rata 89. Hal ini
membuktikan terdapat perbedaan antara hasil pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran problem solving. Bukti tersebut dikuatkan lagi dengan adanya
perbedaan yang signifikan antara skor hasil tes kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes,
diperoleh harga t0,0,1 = 2,39 dan harga t0,05 = 1,67. Dengan demikian, thitung jauh lebih
besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai ttabel< thitung, yaitu
1,672,39. Hasil tersebut menngambarkan bahwa penerapan model problem
solving dapat meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI MAN
2 Kota Bogor.
Kata kunci : Keterampilan Menulis, Teks prosedur kompleks, model pembelajaran
problem solving.
2019SI0065.C1 | 65 ASS | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain