Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor.
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor.

Aisyiyah, Siti Nur/032115072 - Nama Orang;

ABSTRAK
Siti Nur Aisyiyah: Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran
Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1
Babakan Madang Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Bogor, Tahun 2019.
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui dan mengkaji penerapan model Discovery
Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi pada siswa SMA
Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes
(observasi dan angket). Tes digunakan untuk mengetahuai keterampilan menulis teks
biografi, sementara angket digunakan untuk mengetahuai pemahaman yang dialami
setiap peserta didik pada saat belajar dengan penerapan model Discovery Learning.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Babakan Madang
Kabupaten Bogor. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Random
Sampling. Kelas X-E sebagai kelas eksperimen dan kelas X-F sebagai kelas kontrol.
Hipotesis pertama, penerapan model pembelajaran Discovery Learning terbukti
efektif meningkatkan pemahaman keterampian menulis teks biografi dengan
berasarkan analisis rekapitulasi angket yang bahwa dari 34 peserta didik yang
menjadi responden, dapat diketahui bahwa ada dua hasil angket yang menyatakan
sebanyak 82% “tidak” mengalami kesulitan dalam mentukan struktur teks biografi
kemudian dengan persentase jawaban “tidak” sebanyak 79% Dalam pembelajaran
menulis teks biografi dengan model discovery learning tidak mengalami kesulitan
saat proses menentukan ide/ gagasan. Adapun hipotesis kedua yaitu terbuktinya hasil
penerapan model discovery learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks biografi hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya
data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 64.74 (65%). Dari data
tersebut dapat diketahui kemampuan siswa berada dalam taraf cukup mampu dalam
teks biografi, sedangkan hasil postes menunjukan peningkatan rata-rata nilai kelas
eksperimen dalam teks biografi yaitu 85 (85%) dengan taraf kemampuan sangat
mampu. Jadi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi nilai rata-rata
sebesar 19.8. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran
keterampilan menulis teks biografi terdapat nilai siswa sebelum dan sesudah
penerapan model discovery learning. Kemudian dapat dilakukan perhitungan mean ,
diperoleh harga thitung= 2.64 dan dengan hasil db=66. Dengan hasil nilai d.b=66.
Dilakukan uji pada “t” diperoleh harga t0,09= 2,39 dan harga t0,05= 1,67 dengan
demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai
ttabel< thitung, yaitu 1,672,39. Dengan demikian penerapan model Discovery
Learning dapat meningkatkan pemahaman keterampian menulis teks biografi.
Kata kunci: Keterampilan menulis, teks biografi, discovery learning


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 70 AIS
2019SI0070.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
70 AIS
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 122 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
70 AIS p 2019
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Keterampilan Menulis
Teks Biografi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Sandi Budiana, M.Pd. dan Wildan Fauzi Mubarock, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?