Skripsi Indonesia
Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor.
ABSTRAK
Siti Nur Aisyiyah: Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran
Keterampilan Menulis Teks Biografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1
Babakan Madang Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan
Bogor, Tahun 2019.
Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui dan mengkaji penerapan model Discovery
Learning dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi pada siswa SMA
Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor. Metode yang digunakan adalah
metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui tes dan nontes
(observasi dan angket). Tes digunakan untuk mengetahuai keterampilan menulis teks
biografi, sementara angket digunakan untuk mengetahuai pemahaman yang dialami
setiap peserta didik pada saat belajar dengan penerapan model Discovery Learning.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Babakan Madang
Kabupaten Bogor. Teknik sampel yang digunakan yaitu teknik Cluster Random
Sampling. Kelas X-E sebagai kelas eksperimen dan kelas X-F sebagai kelas kontrol.
Hipotesis pertama, penerapan model pembelajaran Discovery Learning terbukti
efektif meningkatkan pemahaman keterampian menulis teks biografi dengan
berasarkan analisis rekapitulasi angket yang bahwa dari 34 peserta didik yang
menjadi responden, dapat diketahui bahwa ada dua hasil angket yang menyatakan
sebanyak 82% “tidak” mengalami kesulitan dalam mentukan struktur teks biografi
kemudian dengan persentase jawaban “tidak” sebanyak 79% Dalam pembelajaran
menulis teks biografi dengan model discovery learning tidak mengalami kesulitan
saat proses menentukan ide/ gagasan. Adapun hipotesis kedua yaitu terbuktinya hasil
penerapan model discovery learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan
keterampilan menulis teks biografi hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya
data prates kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata kelas 64.74 (65%). Dari data
tersebut dapat diketahui kemampuan siswa berada dalam taraf cukup mampu dalam
teks biografi, sedangkan hasil postes menunjukan peningkatan rata-rata nilai kelas
eksperimen dalam teks biografi yaitu 85 (85%) dengan taraf kemampuan sangat
mampu. Jadi dalam pembelajaran keterampilan menulis teks biografi nilai rata-rata
sebesar 19.8. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa dalam pembelajaran
keterampilan menulis teks biografi terdapat nilai siswa sebelum dan sesudah
penerapan model discovery learning. Kemudian dapat dilakukan perhitungan mean ,
diperoleh harga thitung= 2.64 dan dengan hasil db=66. Dengan hasil nilai d.b=66.
Dilakukan uji pada “t” diperoleh harga t0,09= 2,39 dan harga t0,05= 1,67 dengan
demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena nilai
ttabel< thitung, yaitu 1,672,39. Dengan demikian penerapan model Discovery
Learning dapat meningkatkan pemahaman keterampian menulis teks biografi.
Kata kunci: Keterampilan menulis, teks biografi, discovery learning
2019SI0070.C1 | 70 AIS | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain