Skripsi Indonesia
Penerapan Model Inside-Outside Cyrcle Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Ciampea
i
ABSTRAK
Salwa Nur Az-Zahra: Penerapan Model Inside-Outside Cyrcle dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA
NEGERI 1 CIAMPEA. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor
2019.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat keterampilan menulis teks
eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Ciampea serta mengetahui kendala yang
dialami oleh siswa dalam menulis teks eksposisi. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu tes, angket dan pengamatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X
SMA Negeri 1 Ciampea. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas
kontrol dan X IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan teknik sampel Cluster Random
Sampling. Hipotesis pertama yaitu penerapan model Inside-Outside Cyrcle dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks eksposisi teruji kebenarannya. Hal tersebut
dibuktikan dengan diperolehnya data tes awal nilai prates dengan rata-rata 49,78.
Dari data tersebut dapat diketahui bahwa, kemampuan peserta didik berada dalam
taraf kurang mampu dalam menulis teks eksposisi. Sementara itu, pada hasil tes akhir
postes menunjukan peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis teks
eksposisi menjadi 82,94 dengan taraf sangat mampu. Jadi terdapat peningkatan nilai
rata-rata sebesar 34,16. Hasil perbandingan mean kelas eksperimen dan kelas kontrol
dengan menggunakan rumus uji-t, dari hasil penghitungannya tersebut, diperoleh
harga thitung = 2,82 dengan hasil d.b = 70. Nilai db=70 di dalam tabel t0,005 yaitu
2,64 dan t0,05 yaitu 1,66. Dengan demikian, t hitung lebih besar dari pada t tabel,
karena nilai t tabel < t hitung yaitu 1,662,64. Hal tersebut menunjukkan
peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen. Hipotesis kedua, yaitu siswa
mengalami kendala dalam menulis teks eksposisi terbukti kebenarannya.
Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa peserta didik masih mengalami
kendala dalam menentukan judul dengan persentase 42% dengan jumlah 15 siswa ,
lalu pada persentase 81% sebanyak 29 siswa mengalami kendala dalam membuat
tesis/pernyataan umum dalam struktur teks eksposisi, lalu sebanyak 25 siswa
mengalami kendala dalam menentukan argumentasi dalam struktur teks dengan
persentase 69%, dan 15 siswa atau 67% mengalami kendala dalam menentukan
kaidah kebahasaannya teks eksposisi.
Kata Kunci: Model Inside-Outside Cyrcle, Teks Eksposisi.
2019SI0073.C1 | 73 AZZ | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain