Skripsi PGSD
Interaksi Sosial Pada Siswa Lamban Belajar: Studi kasus melalui pendekatan penelitian kualitatif di kelas V Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 02 Desa Kemang. Kecamatan Kemang semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.
Mely Handayany. 037115185. Interaksi Sosial pada Siswa Lamban Belajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan interaksi
sosial pada siswa lamban belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
V di Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 02 Kabupaten Bogor yang mengalami
keterlambanan belajar. Metode yang digunakan yaitu studi kasus dengan
pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan prosedur
pengumpulan data dan perekaman data dari hasil observasi, wawancara,
dan dokumentasi serta dilakukan uji keabsahan data. Analisis data melalui
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan subjek dapat berinteraksi sosial dengan baik di sekolah.
Dalam beberapa aspek dapat digambarkan bahwa subjek melakukan
imitasi dengan mematuhi peraturan yang ada di sekolah. meskipun sesekali
melanggar, subjek tersugesti ketika diberi nasihat dan meminta maaf ketika
melakukan kesalahan, subjek melakukan identifikasi terhadap seseorang
yang dikagumi dan berkeinginan seperti sosok tersebut, dan subjek
memiliki rasa simpati terhadap teman dengan membantu ketika temannya
tidak memiliki uang selain itu subjek senang berbagi ketika memiliki
sesuatu.
Kata Kunci: Interaksi Sosial, Siswa Lamban Belajar
Tidak tersedia versi lain