Skripsi Indonesia
Hubungan Antara Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf Dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor
Widiana: Hubungan Antara Kemampuan Menentukan Ide Pokok Paragraf
dengan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP
Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor. Skripsi Program Studi Pendidikan
Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Pakuan, Bogor, 2019.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara kemampuan
menentukan ide pokok paragraf dengan keterampilan menulis teks eksplanasi.
Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Sejahtera 4 Dramaga
Kabupaten Bogor, dengan jumlah sampel 30 siswa yang diambil satu kelas yaitu
VIII-3. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik
korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan pilihan ganda dan tes keterampilan
menulis teks eksplanasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi
product moment (pearson). Kemampuan menentukan ide pokok paragraf pada siswa
kelas VIII SMP Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor diperoleh nilai rata-rata
sebesar 82, dan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP
Sejahtera 4 Dramaga Kabupaten Bogor dengan nilai rata-rata sebesar 80,4. Hipotesis
penelitian ini yaitu terdapat hubungan positif antara kemampuan menentukan ide
pokok paragraf dengan keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kontribusi kemampuan menentukan ide pokok paragraf pada
keterampilan menulis teks eksplanasi sebesar 0,251 atau dalam taraf rendah.
Berdasarkan koefisien korelasi teoretik/tabel yang terdapat pada tabel korelasi
product moment diperoleh keterangan bahwa taraf signifikan 5% menujukkan 0,374
dan taraf signifikan 1% menunjukkan 0,478 bahwa rt (5% = 0,361) > (rxy = 0,251) < rt
(1% = 0,463) n=30. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
positif antara kemampuan menentukan ide pokok paragraf (X) dengan keterampilan
menulis teks eksplanasi (Y) baik pada taraf 5% maupun 1%, Hₐ diterima, dan H˳
ditolak. Dengan kata lain, 25% kemampuan menentukan ide pokok paragraf memberi
kontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi, sedangkan 75% lainnya
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.
Kata kunci: Ide Pokok, Teks Eksplanasi, Menulis.
Tidak tersedia versi lain