Skripsi PGSD
Hubungan Konsep Diri Dengan Komunikasi Interpersonal: Penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei pendekatan korelasional pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Pabuaran 01 Kabupaten Bogor semster ganjil tahun pelajaran 2019/2020.
Wida Novarida. 037115297. Hubungan Konsep Diri dengan Komunikasi
Interpersonal. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
korelasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep
diri dengan komunikasi interpersonal siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri
Pabuaran 01 Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilakukan pada semester
ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan instrument angket pada kedua variabel. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 90 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 48 siswa.
Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas (Liliefors), setelah uji
normalitas dilakukan pengujian homogenitas (Fisher). Data yang sudah
dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang
hasilnya menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara
konsep diri dengan komunikasi interpersonal dengan nilai thitung > ttabel yaitu
8,15 > 1,684 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara kedua
variabel dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,77 yang berarti adanya
hubungan antara konsep diri dengan komunikasi interpersonal siswa yang
kuat. Hal ini terbukti dari perhitungan persamaan regresi Ŷ = 21,23 + 0,87X,
artinya, setiap kenaikan nilai unit konsep diri akan menyebabkan
komunikasi interpersonal siswa sebesar 0,87 unit.
Kata Kunci : Konsep Diri, Komunikasi Interpersonal
Tidak tersedia versi lain