Skripsi Indonesia
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Citeureup Bogor.
Yolanda Lebertian: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Citeureup Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Rakyat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Citeureup Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh siswa dalam menulis pantun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi dan angket. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling. Hipotesis pertama, yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menulis pantun dapat teruji kebenarannya.Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 54. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis pantun. sementara itu, pada hasil postes mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen menjadi 88, peserta didik berada di taraf sangat mampu. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 34.Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,39. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,672,39. Hipotesis yang kedua, yaitu kendala yang dialami siswa saat menulis pantun terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket yang menyatakan sebanyak 72% mengalami kendala saat menulis pantun dengan memerhatikan kaidah kebahasaan, kemudian 43% mengalami kendala saat menulis pantun dengan tema yang telah ditentukan. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi rakyat.
Kata Kunci : Kemampuan menulis pantun, model pembelajaran problem based learning.
Tidak tersedia versi lain