Skripsi Biologi
Pengembangan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thingking Skill (HOTS) Untuk Siswa SMA Kelas XI
ABSTRAK
AMANDA FITRA. 036114017. Pengembangan Instrumen Evaluasi
Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) untuk Siswa SMA Kelas XI.
Skripsi. Universitas pakuan. Bogor. DI bawah bimbingan Dr. Nandang
Hidayat, M.Pd, dan Dr. Surti Kurniasih, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi yang
berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada mata pelajaran biologi materi
sistem pencernaan, sistem pernapasan dan sistem ekskresi kelas XI SMA. Metode
yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dengan desain 4 D (Define, Develop, Design dan
Desseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga Oktober 2018.
Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMAN Kota Bogor
tahun akademik 2018/2019 dengan testee sebanyak 33 orang siswa. Tahap uji coba
yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai pada tahap uji coba terbatas. Hasil
penelitian menunjukan bahwa, 1) hasil validasi teoritik tentang kelayakan
instrumen evaluasi hasil pengembangan dari segi content (isi) yaitu aspek materi
dan dari segi construct (konstruksi) yaitu aspek bahasa, aspek HOTS dan aspek
penyajian instrumen evaluasi oleh tiga orang ahli menunjukan kriteria valid tanpa
revisi dengan angka ketercapaian 83,77% 2) hasil validasi empirik atau validasi
lapangan terhadap instrumen evaluasi juga menunjukan hasil yang cukup baik
dengan angka validitas sebesar 80%, reliabilitas dengan kategori reliabel yang
tinggi yaitu dengan angka 0,87, serta analisis item soal yang terdiri dari tingkat
kesukaran dan daya pembeda yang juga baik dengan masing-masing angka tingkat
kesukaran 18,75% untuk soal berkategori mudah, 56,25% untuk soal berkategori
sedang dan 25% untuk soal berkategori sukar serta daya pembeda sebesar 81,25%,
hasil tersebut menunjukan bahwa instrumen evaluasi berbasis HOTS hasil
pengembangan dapat dikatakan efektif 3) berdasarkan respon dan tanggapan empat
guru mata pelajaran biologi di SMAN 4 Kota Bogor selaku pengguna instrumen
evaluasi di sekolah, diketahui bahwa instrumen evaluasi hasil pengembangan sudah
mendapatkan kriteria yang sangat baik bagi siswa, hal ini diketahui berdasarkan
hasil perhitungan data yang diperoleh dengan angka persentase mencapai 87,36%
(sangat baik).
Kata Kunci: Instrumen Evaluasi, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Sistem
Pencernaan, Sistem Pernapasan dan Sistem Ekskresi
2019SB0072.C1 | 72 FIT | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain