Skripsi Indonesia
Penerapan Model Learning Cycle Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMAN 1 Ciawi Kabupaten Bogor
Antika Lestari: Penerapan Model Learning Cycle dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Kelas X SMAN 1 Ciawi.
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model learning cycle dalam
meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi kelas X SMAN 1
Ciawi dan mengetahui aktivitas siswa kelas X SMAN 1 Ciawi dalam meningkatkan
keterampilan menulis teks laporan hasil observasi melalui penerapan model learning
cycle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Ciawi.
Sementara, sampel penelitian ini adalah kelas X-10 (IPS 4) sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 30 siswa, dan kelas X-9 (IPS 3) sebagai kelas kontrol dengan jumlah
30 siswa. Pengujian hipotesis pertama yaitu penerapan model learning cycle dapat
meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil dilakukan dengan uji-t.
Berdasarkan penghitungan diperoleh ttes= 3,76 dan d.b= 58. Nilai d.b.= 58 tidak
terdapat dalam tabel maka dicari d.b.yang mendekati, yaitu d.b 60 dan diperoleh t0
0,05 = 1,67 dan t0 0,01 = 2,39. Dengan demikian, ttes signifikan karena nilai ttabel
2019SI0062.C1 | 62 LES | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain