Skripsi Indonesia
Penerapan Model Inquiri Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Ciawi Kabupaten Bogor
Nurmila Ardianti: Penerapan Model Inquiry Based Learning Untuk
meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Kelas XI SMAN 1 Ciawi.
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model inquiry based
learning dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada peserta didik kelas
XI SMAN 1 Ciawi serta mengetahui kendala pada peserta didik kelas XI SMAN 1
Ciawi dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen melalui model inquiry
based learning. Populasi dalam penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI SMAN 1
Ciawi. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluser random
sampling. Hipotesis pertama yaitu penggunaan model Inqury Based Learning dapat
meningkatkan keterampilan menulis cerpen dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut
dibuktikan dengan diperolehnya tes awal kelas eksperimen mendapatkan nilai ratarata kelas 61,25 dapat diketahui keterampilan peserta didik cukup mampu dalam
menulis cerpen, sedangkan tes akhir rata-rata kelas eksperimen dalam menulis cerpen
meningkat menjadi 79,6 dengan taraf kemampuan cukup mampu. Hasil perbandingan
mean kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh
harga t0=3,26 dan hasil d.b = 58 dengan tttaraf signifikasi 1% sebesar sebesar 2,39
serta tttaraf signifikasi 5% sebesar 1,67 dan apabila dituliskan menjadi (1,67
2,39). Hal tersebut menunjukan peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen.
Hipotesis kedua, yaitu peserta didik mengalami kendala dalam menulis cerpen
terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa pada
proses menulis13 peserta didik atau 43,3% kesulitan dalam menentukan judul adapun
16 peserta didik atau53,3% kesulitan dalam mengembangkan ide pada saat menulis
cerpen dan 19 peserta didik atau63,3% kesulitan dalam memilih kosa kata pada saat
menulis cerpen.
Kata kunci: cerpen, model inquiry based learning
2019SI0060.C1. | 60 ARD | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain