Skripsi Biologi
Penelitian Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring) Dan Course Review Horay Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPa: (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa VII B Smp Kamandaka Bogor)
NURDIAN MARWAH. 036111033. Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating,
Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring) dan Course Review Horay untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan
Dr. Rita Retnowati, M.S. dan Dra. Susi Sutjihati, M.Si.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran REACT
(Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transfering) dan Course Review Horay
pada materi klasifikasi makhluk hidup. Penelitian dilakukan di kelas VII B SMP Kamandaka
pada bulan September 2015 dengan jumlah siswa 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam
dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Akhir dari setiap siklus dilaksanakan evaluasi dengan menggunakan
instrument tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Berdasarkan refleksi pada nilai
sebelumnya diperoleh nilai hasil belajar IPA yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum
(KKM) hanya sebesar 41,18%. Setelah dilakukan tindakan melalui penerapan model
pembelajaran REACT dan CRH, nilai hasil belajar IPA ranah kognitif pada siklus I mencapai
KKM sebesar 67,6% dan meningkat pada siklus II yaitu 79,41%. Hasil belajar ranah afektif
meningkat dari siklus I minimal kategori baik sebesar 52,94% menjadi 79,41% pada siklus II.
Hasil belajar ranah psikomotor siswa minimal kategori tinggi meningkat dari siklus I sebesar
pertemuan 1 sebesar 58,1% dan pertemuan 2 meningkat sebesar 61,76%. Meningkat pada
siklus II pertemuan 1 sebesar 67,74% dan pertemuan 2 sebesar 76,67%. Aktivitas belajar
siswa (on task) siswa siklus I sebesar pertemuan 1 sebesar 64,06% menjadi 67,64% pada
pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 76,21% dan pertemuan 2 menjadi sebesar
80,24%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan
model pembelajaran REACT dan CRH dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII B
SMP Kamandaka Bogor.
Kata Kunci : Model pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and
Transferring), Course Review Horay, hasil belajar.
2020SB0002.C1 | 02 MAR | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain