Skripsi Biologi
Implementasi Pembelajaran Biologi Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor.
ABSTRAK
Dodah Saodah. 036116017. Implementasi Pembelajaran Biologi
Menggunakan Kolaborasi Kurikulum Nasional dan Kurikulum Waldorf di
SMA Cipta Cendikia Bogor. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah
bimbingan Dr. Rita Retnowati, MS. dan Indri Yani, M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif
analitik. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis
pembelajaran biologi menggunakan kolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum
Waldorf di SMA Cipta Cendikia Bogor. Penelitian dilaksanakan dari Januari 2020
sampai Juni 2020 dengan beberapa informan yaitu Guru Biologi, kepala Sekolah,
Wakasek kurikulum, Wakasek Sarana dan Prasarana, Guru Bimbingan Konseling,
dan Wali kelas. Penelitian dilakukan dengan kontak langsung terhadap subjek
penelitian yang terdapat di lapanga, data yang diperoleh data primer dan data
sekunder. Berdasarkan analisis data, pembelajaran biologi menggunakan
kolaborasi kurikulum nasional dan kurikulum Waldorf terdiri dari perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan pembelajaran diawali dengan guru
mengikuti pelatihan di luar negeri untuk mengetahui proses pembelajaran
menggunakan kurikulum Waldorf. Kompetensi inti mengacu pada akhlak mulia,
kepemimpinan, ilmiah, kebangsaan, kompetitif, dan berwawasan global. Aktivitas
pembelajaran dilaksanakan dengan pendekatan saintifik dan multisensoris.
Strategi pembelajaran yaitu observasi dengan metode diskusi, keterampilan,
eksperimen dan observasi serta hasil rapat disosialisasikan kepada orang tua siswa
yang bertujuan untuk memberikan pemahaman agar seiringan dengan kedua belah
pihak. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari kegiatan Morning gathering
bertujuan untuk melatih mental siswa menjadi percaya diri, kegiatan sharing,
kegiatan apersepsi dan motivasi, kegiatan inti serta kegiatan penutup. Evaluasi
pembelajaran menggunakan penilaian afektif kognitif, psikomotorik dengan
laporan perkembangan siswa berupa jurnal harian guru dan raport.
Kata Kunci : Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Kurikulum Waldorf
Tidak tersedia versi lain