Skripsi Biologi
Implementasi Metode APel dalam Pembelajaran Biologi Bagi Anak Papua di SMA Sekolah Anak Indonesia.
Putri Rahma Yunita. 036116034. Implementasi Metode APeL Dalam
Pembelajaran Biologi Bagi Anak Papua di SMA Sekolah Anak Indonesia.
Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di Bawah bimbingan Dr. Surti Kurniasih,
M.Si. dan Desti Herawati, M.Pd.
Pendidikan mempunyai peranan strategis untuk mempersiapkan generasi
muda yang memiliki keterampilan berpikir dan kecerdasan emosional yang tinggi.
Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga Negara Indonesia. Sistem pendidikan di
Indonesia belum merata khususnya di Indonesia Timur yaitu daerah Papua, karena
pendidikan yang tertinggal dan masih banyak anak-anak yang tidak memiliki akses ke
sekolah yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode
deskriptif analitik. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menganalisis dan
mendeskripsikan metode APeL dalam pembelajaran biologi bagi anak Papua di SMA
Sekolah Anak Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari Januari Juli 2020
dengan beberapa informan yaitu Guru Biologi, Koordinator Bidang APeL, Pendiri
Yayasan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Pendiri Yayasan, Pembina
Asrama dan Siswa. Penelitian ini dilakukan secara online baik melalui video call
atau telepon seluler dan diperoleh satu jenis data yaitu data primer berasal dari
wawancara, observasi pendahuluan dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data,
metode APeL memiliki karakteristik dan dalam implementasi pembelajaran biologi
terbagi menjadi 3 proses yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Karakteristik
metode APeL merupakan metode yang mengacu pada keterampilan abad ke-21
prinsip 4C melalui langkah scientific method dan engineering design. Perencanaan
pembelajaran di SAI dilakukan rapat guru setiap awal tahun ajaran dan pelatihanpelatihan khususnya pelatihan metode APeL. Pelaksanaan pembelajaran
menggunakan metode APeL melalui langkah metode ilmiah dan pembuatan project.
Evaluasi pembelajaran terdiri dari penilaian kognitif, afektif, dan psikomotor melalui
rubrik penilaian yang telah ditetapkan oleh sekolah.
Kata Kunci : Metode APeL, Perencanaan Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran,
Evaluasi Pembelajaran
2020SB0005.C1 | 05 YUN | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain