Skripsi Biologi
Pengembanagan Multinedia Interaktif Berbasis Prolem Based Learning Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Siswa SMA
SURYANI. 036116046. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis
Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis
Siswa SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dr. Rita
Retnowati, M. S dan Suci Siti Lathifah, M. Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif
berbasis Problem Based Learning yang dapat dipasang di android, dan menguji
efektivitas penggunaannya terhadap kemampuan menganalisis peserta didik materi
ekosistem. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development, penelitian
ini dilakukan di SMAN 2 Cileungsi dari bulan Januari hingga Mei 2020. Sampel
penelitian yaitu kelas IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Kelas X IPA 6 belajar
menggunakan multimedia interaktif di android. Prosedur penelitian pengembangan
ini menggunakan model (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define
(Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (penyebaran). Pelaksanaan uji coba lapangan menggunakan desain
penelitian one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan berupa tes (pre-test
dan post-test), lembar angket check list, serta dokumentasi. Hasil penilaian
menunjukan bahwa multimedia interaktif mendapat kategori sangat layak. Hal ini
didasarkan pada persentase rata-rata penilaian dari tim validasi ahli yaitu 87%.
Multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning pada android terbukti
efektif dapat meningkatkan kemampuan menganalisis peserta didik , dengan nilai
N-gain 68,02 termasuk kedalam kategori sedang dan hasil persentase kategori
kemampuan menganalisis dengan nilai 82% baik dan 18% sangat baik. Dapat
disimpulkan kelas X IPA 6 terdapat perbedaan hasil belajar dari menggunakan
multimedia interaktif berbasis Problem Based Learning pada android.
Tidak tersedia versi lain