Skripsi Indonesia
Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Melalui Model Inquiry (Inquiry based learning) Siswa Kelas X MAN 2 Kota Sukabumi.
Putri Lestari: “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Melalui Model
Inquiri (Inquiry Based Learning) Siswa Kelas X MAN 2 Kota Sukabumi”.
Program Studi Pendidikan Bahasa Indoneisa, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2019.
Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui tingkatan keterampikan menulis teks
anekdot siswa kelas X MAN 2 Kota Sukabumi serta mengetahui kendala yang dialami
oleh siswa dalam menulis teks anekdot. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes,
angket, pengamatan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 2 Kota
Sukabumi. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS-B sebagai kelas eksperimen dan
kelas X IPS-C sebagai kelas kontrol dengan teknik sampel cluster random sampling.
Hipotesis pertama yaitu penggunaan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan
keterampil menulis teks anekdot teruji kebenarannya. Hal tersebut dibuktikan dengan
diperolehnya data tes awal (prates) kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 59,6
kemudian terjadi peningkatan nilai pada hasil postes, dengan memperoleh nilai ratarata 79,9. Hasil perhitungan perbandingan mean dengan menggunakan rumus t-tes,
diperoleh harga thitung= 3,04 dan d.b.= 58. Dari db 58 setelah melakukan pengetesan
satu skor pada tabel nilai “t”. nilai d.b.= 58 tidak terdapat dalam tabel maka dicari d.b.
yang mendekati, yaitu d.b. 60 dan diperoleh harga t0,05= 2,00 dan harga t0,01= 2,70
dengan demikian, thitung jauh lebih besar daripada ttabel atau harga thitung signifikan karena
nilai ttabel< thitung, yaitu 2,002,70. Hal tersebut menunjukkan peningkatan yang
signifikan dalam kelas eksperimen.
Hipotesis kedua, yaitu siswa mengalami kendala dalam menulis teks anekdot terbukti
kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan bahwa 17 siswa atau 57%
mengalami kendala menentukan struktur teks anekdot. Selain itu, 17 atau 57%
mengalami kendala menyusun struktur dan kaidah kebahasaan teks anekdot. Kemudian
19 siswa atau 63% mengalami kendala siswa dalam menulis teks anekdot.
Kata kunci: Keterampilan menulis teks anekdot, model inquiry (Inquiry Based
Learning)
Tidak tersedia versi lain