Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi Indonesia

Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pembelajaran (RPP) Teks Persuasi Kelas VIII SMPN Tamansari Kabupaten Bogor

Ramadanti, Nur/032115107 - Nama Orang;

Nur Ramadanti: Analisis Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Persuasi Kelas VIII SMPN Tamansari 1 Kabupaten Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2020.
Sebelum menerapkan model pembelajaran guru perlu memperhatikan langkah langkah yang terdapat dalam model pembelajaran dan sesuaikan dengan komponen yang terdapat dalam RPP. Jangan sampai dalam kegiatan pembelajaran langkah langkah tersebut tidak sesuai atau bahkan melenceng dari prosedur model pembelajaran yang telah direncanakan. Penelitian ini memiliki fokus permasalahan langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dan kesesuaian langkah model pembelajaran discovery learning dalam RPP teks persuasi kelas VIII SMPN Tamansari 1 Kabupaten Bogor. Bertujuan untuk mendeskripsikan langkah model pembelajaran discovery learning dalam RPP teks persuasi kelas VIII SMPN Tamansari 1 Kabupaten Bogor, serta untuk mengetahui kesesuaian kegiatan pembelajaran dalam RPP dengan langkah model pembelajaran discovery learning.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian, yaitu RPP teks Persuasi kelas VIII SMPN Tamansari 1 Kabupaten Bogor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan studi pustaka. Triangulasi dilakukan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian.
Model pembelajaran discovery learning memiliki enam langkah pembelajaran, meliputi stimulasi/pemberian rangsang (stimulation) kegiatan memberi stimulasi pembelajaran, pernyataan/identifikasi masalah (problem stastement) kegiatan mencari informasi terkait materi untuk kegiatan bertannya, pengumpulan data (collection) kegiatan mengumpulkan informasi dari sumber yang relevan, pengolahan data (processing) kegiatan mengolah informasi untuk mendapat hasil akhir, pembuktian (verification) kegiatan membuktikan kebenaran hasil yang telah diyakini, dan menarik kesimpulan (generalization) kegiatan membuat kesimpulan atas apa yang dipelajari. Hasil analisis menunjukan sebagian besar kegiatan pembelajaran sudah sesuai dengan langkah model pembelajaran discovery learning, namun ditemukan adanya kekurangan kegiatan pembelajaran pada RPP pertemuan pertama. Kegiatan pembelajaran yang mengacu pada pernyataan/identifikasi masalah (problem statement) tidak tertera dalam RPP. Melakukan perencanaan pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian tujuan kompetensi. Dengan guru menyusun RPP lengkap dan sistematis maka pembelajaran dapat berlangsung sebagaimana mestinya mengacu pada standar proses. Kelengkapan tahapan model pembelajaran yang diterapkan akan menciptakan proses dan hasil kegiatan pembelajaran yang edukatif.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 17 RAH
2020SI0017.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
17 RAH
Penerbit
: FKIP Unpak., 2020
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
17 RAH a 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Rencana pelaksanaan pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Tri Mahajani, M. Pd. dan Stella Talitha, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
  • Cover
  • Bab I-II
  • Bab III-V
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?