Skripsi Indonesia
Analisis Langkah-langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Eksplanasi Kelas XIMA Islamiyah Ciputat
Siti Maryam: Analisis Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Teks Eksplanasi Kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan, 2020.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah salah satu acuan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran tersusun dan terlaksana dengan baik. Pada RPP terdapat komponen penting salah satunya, yaitu model pembelajaran. Peneliti menganalisis mengenai sintak model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada teks eksplanasi Kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Subfokus pada penelitiam ini adalah kesesuaian langkah-langkah model pembelajaran discovery learning yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks eksplanasi Kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang berarti hasil penelitian akan dijabarkan berupa kata-kata dari beberapa temuan data yang diolah. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi pustaka untuk mengkaji Rencana Pelaksanaan Pembelajaran teks eksplanasi Kelas XI MA Islamiyah Ciputat. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan sebanyak 99 data yang terdapat dalam tiga pertemuan RPP dengan kompetensi dasar 3.3 mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi lisan dan tulis dan 3.4 menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi yang diperdengarkan atau dibaca. Hasil penelitian menunjukkan seluruh data dalam RPP tersebut telah menerapkan keenam sintak model pembelajaran discovery learning sesuai dengan teori dan prosedur model pembelajarannya.
2020SI0020.C1 | 20 MAR | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain