Skripsi PGSD
Analisis Kebiasaaan Belajar Peserta DidikMenggunakan Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi Whatsapp Grup: Penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif pada pesrta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Sirnagalih 05 Kabupaten Bogor Semester ganjil Tahun pelajaran 2020/2021
Nurfadaniah. 037116038. Analisis Kebiasaan Belajar Peserta Didik
Menggunakan Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Aplikasi WhatsApp Grup.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini
dilaksanakan dengan Pendekatan Penelitian Kualitatif Deskriptif. Tujuan
dalam penelitian ini untuk menganalisis kebiasaan belajar peserta didik
menggunakan pembajaran jarak jauh dengan aplikasi WhatsApp grup.
Subjek dalam penelitian ini merupakan lima peserta didik kelas V Sekolah
Dasar Negeri Sirnagalih 05 Kabupaten Bogor. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilaksanakan dengan cara melakukan observasi, wawancara,
dan juga pengumpulan data dan dokumentasi guna menunjang penelitian.
Kebiasaan belajar peserta didik belum berjalan baik pada pembelajaran
jarak jauh. Kebiasaan positif yang terlihat Peserta didik dapat mengikuti
alur pembelajaran yang dilakukan menggunakan WhatsApp Grup. Peserta
didik lebih mandiri. Mulai dari mengikuti pembelajaran mengisi soal hingga
dalam ulangan semester mereka lakukan sendiri tanpa mencontek
teman.Kebiasaan negatif terlihat dalam hal mengulang pelajaran dan
pembiasaan belajar mandiri. Peserta didik tidak memiliki catatan
pembelajaran layaknya pembelajaran tatap muka di sekolah untuk diulang
kembali , karena pembelajaran hanya berbasis pemberian tugas yang
nantinya akan dikumpulkan dengan menggunakan kertas satu lembar
sehingga mereka tidak pernah mengulang pembelajaran kembali
setelahnya karena tidak adanya catatan pada buku mereka. Pembiasaan
belajar mandiri diperlukan untuk menunjang pengetahuan Banyaknya
waktu luang yang ada tidak dibarengi dengan belajar. Mereka cenderung
mempergunakan waktunya untuk bermain gawai. Peserta didik tidak
memiliki jadwal belajar yang lain selain saat mengerjakan tugas yang
diberikan setiap harinya. Hal ini berdampak pada pengerjan tugas dan ujian
dimana mereka lebih sering mengandalkan jawaban dari internet meski
sebenarnya memang diperkenankan namun alangkah lebih baiknya
jawaban tersebut hasil pemikiran peserta didik. Karena sejatinya ulangan
atau tugas merupakan interprestasi terhadap pemahaman peserta didik.
2020SPGSD0121.C1 | 121 NUR | Rak PGSD (RSPGD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain