Skripsi PGSD
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa: Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa: Studi ini dengan pendekatan korelasi pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kabupaten Bogor semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
Syafira Desty Nurwulan 037116130 Hubungan Antara Kecerdasan
Emosional Dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SDN Ciriung 04
Kabupaten Bogor. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan
dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan
emosional dengan interaksi sosial siswa. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 yang terdiri
dari 102 peserta didik kemudian dijadikan sampel sebanyak 50 sampel.
Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas diperoleh
= 0,105. Harga tersebut lebih kecil di bandingkan dengan harga
= 0,125 pada taraf α=0,05, maka dapat disimpulkan bahwa
berarti data tersebut normal. Kemudian dilakukan
pengujian homogenitas diperoleh sebesar 1,05 dan taraf
signifikansi α=0,05 diperoleh sebesar 4,04 dengan
berarti data yang digunakan homogen. Data yang dinyatakan normal dan
homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan
terdapat hubungan kecerdasan emosional dengan interaksi sosial. Teknik
analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan
yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 47,74 +
0,50X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang
menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,51. Teknik analisis regresi
dan korelasi sederhana kecerdasan emosional dengan interaksi sosial
menghasilkan suatu hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan
regresi yaitu Ŷ = 47,74 + 0,50X}, yang berarti setiap kenaikan unit
kecerdasan emosional menyebabkan kenaikan interaksi sosial siswa
sebesar 0,50 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasaan
emosional dengan interaksi sosial siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri
Ciriung 04 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021.
Kata kunci : Kecerdasan Emosional dan Interaksi Sosial
v
2020SPGS 0124.C1 | 124 NUR | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain