Text
Analisis Interaksi Sosial Anak Slow Learner: penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus di kelas V sekolah luar biasa C Dharma Wanita Kota Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020
Raden Siti Hasanah. 037116213. Analisis Interaksi Sosial Anak Slow
learner di Kelas V SLB C Dharma Wanita Kota Bogor. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan
Universitas Pakuan Bogor, 2020.Penelitian ini merupakan studi kasus
dengan penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan dan perekaman data
dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data,
dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Peneliti menggunakan uji kredibilitas,
transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperioleh
keabsahan data.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui faktor apa saja
yang mempengaruhi interaksi sosial anak slow learner pada kelas v SLB C.
(2) Mengetahui bagaimana cara yang harus dilakukan oleh guru ketika
mengatasi masalah interaksi sosial anak slow learner. Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1) Faktor yang menyebabkan interaksi sosial anak
slow learner ialah faktor internal dan faktor eksternal (faktor dari diri anak
sendiri dan faktor dari lingkungan seperti keluarga, sekolah, dan teman). (2)
Memberikan motivasi dan membuat suasana lebih menarik serta
menyenangkan.
2020SPGSD0120.C1 | 120 Has | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain