Skripsi Biologi
Hubungan Berpikir Kritis Dengan Kreativitas: studi ini dengan pendekatan korelasional di kelas v sekolah dasar nergri cibinong 1 kecamatan gunungsindur kabupaten bogor semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020
Diana Ningsih. 037115013. Hubungan Berpikir Kritis dengan Kreativitas
Siswa. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan Bogor, 2019.
Penelitian ini dengan desain penelitian kuantitatif asosiatif dengan metode
studi korelasional. Bertujuan untuk mengetahui hubungan berpikir kritis
dengan kreativitas siswa. Data ini diperoleh dengan menggunakan
kuisioner. Populasi dalam ini penelitian adalah siswa kelas V-A dan V-B
Sekolah Dasar Negeri Cibinong 1 Kecamatan Parung Kabupaten Bogor
dengan jumlah 80 siswa. Sampel yang diambil 45 siswa. Hasil
perhitungan ini menunjukan jumlah rata-rata berpikir kritis berada pada
taraf interprestasi cukup tinggi dengan nilai 101 dan nilai rata-rata
kreativitas siswa pada taraf interprestasi cukup tinggi dengan nilai 97,29.
Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik hubungan analisis
regresi linear sederhana dengan Ŷ= -15,8+1,12X artinya setiap
peningkatan satu unit berpikir kritis maka akan meningkatkan kreativitas
siswa sebesar 0,44 unit. Pengujian korelasi sederhana menyatakan
bahwa r = 0,67 yang berarti terdapat hubungan yang kuat pada kedua
variabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
terdapat hubungan positif dan signifikan antara berpikir kritis dengan
2019SPGSD0213 | 213 NIN | Rak Skripsi PGSD (RPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain