Skripsi Biologi
Pengarus Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar: penelelitian kuantitatif melalui pendekatan kausal pada kelas v sekolah dasar negri pasir eurih 04 kabupaten Bogor semester genap
Zulva Sabila 037116118. Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Aktivitas Belajar. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap aktivitas belajar kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasir Eurih 04 Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Populasi dari penelitian ini adalah 43 peserta didik dengan jumlah sampel sebanyak 75 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh Interaksi Sosial terhadap Aktivitas Belajar ditunjukan dengan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,57. Ini menunjukan adanya adanya pengaruh antara Interaksi Sosial terhadapAktivitas Belajar, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,3249 atau sebesar 32,49%. Sisanya sebanyak 67,51% ditentukan oleh faktor lain. Rata-rata aktivitas belajar pada peserta didik sebesar 32,49% ditentukan oleh interaksi sosial melalui persamaan regresi ̂ , artinya setiap kenaikan unit nilai interaksi sosial akan menyebabkan kenaikan aktivitas belajar sebesar 0,74 unit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara Interaksi Sosial terhadap Aktivitas Belajar kelas V Sekolah Dasar Negeri Pasir Eurih 04 Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.
2021SPGSD0006 | 06SAB | Rak Skripsi PGSD (RPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain