Text
Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca: penelitian kualitatif melalui pendekatan studi deskriptif pada kelas III sekolah dasar negeri cimayang 01 kabupaten bogor semester gasal tahun pelajaran 2020/2021
Sonnia Neng Bagus Safitri 037116198. Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca.
Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Tujuan
mendeskripsikan mengenai bentuk kesulitan belajar membaca, faktor-faktor kesulitan membaca
dan bimbingan belajar siswa berkesulitan membaca. Subjek penelitian ini adalah 3 Orang siswa
kelas IIIA & IIIB Sekolah Dasar Negeri Cimayang 01. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada
semester gasal tahun pelajaran 2020-2021. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan uji kredibilitas,
transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperioleh keabsahan data. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan membaca siswa tidak dapat membedakan huruf-
huruf yang bentuknya hampir sama, siswa tidak mengenal huruf diftong dan digraf, siswa terbata-
bata membaca suku kata, siswa tidak bisa membaca kata, belum bisa melafalkan huruf dalam satu
kalimat dan masih mengeja perhuruf. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca siswa
adalah Siswa kurang minat dalam membaca, lingkungan keluaraga kurangnya perhatian orang tua
terhadap aktivitas belajar anaknya dirumah, kurangnya semangat siswa dalam belajar, metode
mengajar dan media yang digunakan guru pada saat proses belajar mengajar kurang memadai tidak
bervariatif, gangguan dalam kesehatan. Bimbingan untuk siswa berkesulitan belajar membaca di
SD Negeri Cimayang 01 masih belum optimal peran sekolah dalam pemberian bimbingan untuk
siswa berkesulitan belajar membaca juga belum maksimal. Selain itu kemampuan siswa
berkesulitan belajar membaca dalam mengatasi kesulitan belajarnya masih terlihat kurang.
2020SPGSD0019.C1 | 19 SAP | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain