Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca: penelitian kualitatif melalui pendekatan studi deskriptif pada kelas III sekolah dasar negeri cimayang 01 kabupaten bogor semester gasal tahun pelajaran 2020/2021

Safitri, Sonnia Neng Bagus/037116198 - Nama Orang;

Sonnia Neng Bagus Safitri 037116198. Analisis Bimbingan Belajar Siswa Berkesulitan Membaca.
Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi deskriptif. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Tujuan
mendeskripsikan mengenai bentuk kesulitan belajar membaca, faktor-faktor kesulitan membaca
dan bimbingan belajar siswa berkesulitan membaca. Subjek penelitian ini adalah 3 Orang siswa
kelas IIIA & IIIB Sekolah Dasar Negeri Cimayang 01. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada
semester gasal tahun pelajaran 2020-2021. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan uji kredibilitas,
transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas untuk memperioleh keabsahan data. Hasil

penelitian menunjukkan bahwa bentuk kesulitan membaca siswa tidak dapat membedakan huruf-
huruf yang bentuknya hampir sama, siswa tidak mengenal huruf diftong dan digraf, siswa terbata-
bata membaca suku kata, siswa tidak bisa membaca kata, belum bisa melafalkan huruf dalam satu

kalimat dan masih mengeja perhuruf. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca siswa
adalah Siswa kurang minat dalam membaca, lingkungan keluaraga kurangnya perhatian orang tua
terhadap aktivitas belajar anaknya dirumah, kurangnya semangat siswa dalam belajar, metode
mengajar dan media yang digunakan guru pada saat proses belajar mengajar kurang memadai tidak
bervariatif, gangguan dalam kesehatan. Bimbingan untuk siswa berkesulitan belajar membaca di
SD Negeri Cimayang 01 masih belum optimal peran sekolah dalam pemberian bimbingan untuk
siswa berkesulitan belajar membaca juga belum maksimal. Selain itu kemampuan siswa
berkesulitan belajar membaca dalam mengatasi kesulitan belajarnya masih terlihat kurang.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) 19 SAP
2020SPGSD0019.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
19 SAP
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2020
Deskripsi Fisik
xiii,168 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
19 SAP a 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Bimbingan Belajar
Berkesulitan Membaca
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Drs.Wawan Syahiril Anwar, M.Pd dan Yudhie Suchyadi, S.Si.,M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Sonnia Neng Bagus Safitri
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?