Text
Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman: studi kurikulum 2013 ini dengan pendekatan penelitian kausal pada peserta didik kelas IVA dan IVB sekolah dasar negeri pabuaran kota bogor semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
Irma Yurisma 037116015 Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri terhadap hasil belajar subtema beryukur atas keberagaman. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pabuaran. Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan homogendigunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukkan terdapat pengaruh efikasi diri dengan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaituŶ= 53,03 + (0,377X). Hasilpenelitian ini ditujukkan dengan analisisstatistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,453. Sedangkan koefisien determinasi sebesar 20,5%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana efikasi diri dengan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman peserta didik menghasilkan suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= 53,03 + (0,377X), yang berarti setiap kenaikan unit efikasi diri menyebabkan kenaikan hasil belajar subtema bersyukur atas keberagaman sebesar 0,453 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Efikasi Diri dengan Hasil Belajar Subtema Bersyukur Atas Keberagaman kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pabuaran Kota Bogor Tahun Pelajaran 2020/2021.
2020SPGSD0117.C1 | 117 YUR | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain