Text
Analisis Kemandirian Belajar Siswa Yang Berasal Dariu Pendidikan Taman Kanak Kanak: studi kasus penelitian kualitatif pada kelas 1 sekolah dasar negeri suryakencana ciptabina mandiri keluirahan selabatu kecamatan ciklole kota sukabumi semester genap tahun ajaran 2019/2020
Yustika Rahmawati. 037116122. Analisis Kemandirian Belajar Siswa yang Berasal dari Pendidikan Taman Kanak-kanak. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor 2020. Penelitian ini menerapkan Penelitian Studi Kasusdengan Pendekatan Kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuibagaimanakemandirian belajar siswa yang berasal dari pendidikan tamankanak-kanak di Sekolah Dasar Negeri Suryakencana Cipta Bina Mandiri Kelurahan Selabatu Kecamatan Cikole Kota Sukabumi. Subjek penelitian ini adalah satu orang siswa kelas satu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2019/2020. Prosedur pengumpulan data dan perekamandata didapatkan melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa subjek yang berasal dari pendidikan taman kanak-kanak telah memiliki kemandirian belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap orangtua, guru dan teman yang menyatakan bahwa subjek sudah bisa melakukan kegiatan belajar secara mandiri. Subjek sudah memiliki kesiapan dalam belajar baik fisik maupun psikisnya walaupun terkadang masih harus diingatkan terlebih dahulu tetapi subjek dengan sedirinya memahami bahwa belajar itu penting. Subjek memiliki sikap ingin tahu akan segala hal, bisa bertanggung jawab akan tugasnya secara mandiri dan dapat menyelesaikan tepatwaktu bahkan lebih cepat. Dengan sikap seperti ini subjek sudah memilki kepercayaan diri yang tinggi. Subjek berani apabila diminta untuk tampil dan bertanya apabila ada hal yang belum dipahaminya.
2020SPGSD0018.C1 | 18 RAH | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain