Text
Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa: penelitian kuantitaif melalaui pendekatan studi kausal pada kelas VA, VB, dan VC Sekolah dasar amaliah kecamatan ciawi kabupaten bogor semester genap tahun pelajaran 2019/2020
Disya Afrilianty Sahara. 037116121. Pengaruh Lingkungan Sekolah
terhadap Pembentukan Karakter Siswa, Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pakuan Bogor. 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dengan pendekatan studi kausal. Tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap
pembentukan karakter siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA,
VB dan VC Sekolah Dasar Amaliah Kabupaten Bogor Tahun Pelajaran
2020/2021 berjumlah 92 siswa dengan sampel sebanyak 48 responden.
Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner skala
Likeart untuk variabel lingkungan sekolah dan variabel pembentukan
karakter siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan pembentukan karakter
siswa. Hal ini berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien
korelasi (rxy) sebesar 0,97 yang berati tingkat pengaruh tergolong kuat
dan diperoleh thitung sebesar 27,42 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata
0,05 sebesar 1,703 yang berarti signifikan, sedangkan koefisien
determinasi sebesar 0,94. Hal ini menunjukkan bahwa naik atau turunnya
Pembentukan Karakter Siswa dipengaruhi oleh tingkat Lingkungan
Sekolah sebesar 94 melalui persamaan regresi 7 7 56X, artinya,
setiap kenaikan unit nilai lingkungan sekolah akan menyebabkan kenaikan
pembentukan karakter siswa sebesar 1,52 unit. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif antara
Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas V
Sekolah Dasar Amaliah Kabupaten Bogor Semester Ganjil Tahun
Pelajaran 2020/2021.
2020SPGSD0113.C1 | 113 SAH | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain