Text
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PopUp Book Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Kelas XI Sma
Maulia Albania Wirakusumah, 036116039. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Kelas XI SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dr. Eka Suhardi, M.Si. dan M. Taufik Awaludin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berupa buku pop up materi sistem ekskresi dan menguji efektifitas dari media pembelajaran berupa buku pop up materi sistem ekskresi dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development, penelitian ini dilakukan secara online di SMA Rimba Madya Bogor dari bulan Desember hingga Juli 2020. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Kelas XI IPA 4 belajar menggunakan pop up book. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pelaksanaan uji coba lapangan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan berupa tes (pre-test dan post-test) dan lembar angket check list. Hasil penilaian menunjukan bahwa media pembelajaran pop up book mendapat kategori sangat layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase yang didapat rata-rata penilaian aspek materi sebesar 89% dan aspek tampilan/desain 87%. Media pembelajaran berbasis pop up book terbukti efektif dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi peserta didik dengan nilai N-gain 0.7 termasuk kedalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi peserta didik.
2020SPGSD0040 | 40 WIR p | Rak Skripsi PGSD | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain