Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis PopUp Book Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Kelas XI Sma

Wirakusuma Maulia Albania 036116039 - Nama Orang;

Maulia Albania Wirakusumah, 036116039. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pop Up Book Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Kelas XI SMA. Skripsi. Universitas Pakuan. Dibawah bimbingan Dr. Eka Suhardi, M.Si. dan M. Taufik Awaludin, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media pembelajaran berupa buku pop up materi sistem ekskresi dan menguji efektifitas dari media pembelajaran berupa buku pop up materi sistem ekskresi dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development, penelitian ini dilakukan secara online di SMA Rimba Madya Bogor dari bulan Desember hingga Juli 2020. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Kelas XI IPA 4 belajar menggunakan pop up book. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model (4D) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Pelaksanaan uji coba lapangan menggunakan desain penelitian one group pretest-postest. Instrumen yang digunakan berupa tes (pre-test dan post-test) dan lembar angket check list. Hasil penilaian menunjukan bahwa media pembelajaran pop up book mendapat kategori sangat layak. Hal ini dibuktikan dengan hasil persentase yang didapat rata-rata penilaian aspek materi sebesar 89% dan aspek tampilan/desain 87%. Media pembelajaran berbasis pop up book terbukti efektif dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi peserta didik dengan nilai N-gain 0.7 termasuk kedalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep biologi peserta didik.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi PGSD 40 WIR p
2020SPGSD0040
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
40 WIR p
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
40 WIR p221
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pop Up Book
Penguasaan Konsep Biologi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr.Eka Suhardi,M.Pd. dan M.TaufikAwaludin,M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?