Text
Analisis Karakter Gemar Membaca Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar: penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif pada peserta didik kelas V sekolah dasar negeri cipayung kabupaten bogor semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
Netty Herawati, 037116169. Analisis Karakter Gemar Membaca pada
Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2020. Penelitian bertujuan untuk menganalisis karakter
gemar membaca pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Bertempat di
Sekolah Dasar Negeri Cipayung 02 Kabupaten Bogor, dilaksanakan pada
semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian kelas V sebanyak 26
peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan observasi,
wawancara, dan dokumetasi. Instrumen berupa non tes. Analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pada penelitian ini,
teknik pengambilan sampel sumber data ditentukan dengan teknik
Purposive Sampling. Hasil penelitian yang berdasarkan hasil jawaban, dan
wawancara dengan peserta didik, guru kelas V, dan Kepala Sekolah Dasar
Negeri Cipayung 02, dapat disimpulkan bahwa karakter gemar membaca
peserta didik yang baik berjumlah 5 peserta didik atau 19,3%, peserta didik
yang memiliki karakter gemar membaca cukup berjumlah 15 peserta didik
atau 57,7%, peserta didik dengan karakter gemar membaca kurang
berjumah 6 peserta didik atau 23%. Dalam hal ini guru menggunakan
metode dan model pembelajaran yang menyenangkan, tidak monoton
sehingga peserta didik tidak merasakan jenuh. Selain itu, fasilitas sangat
menunjang pertumbuhan karakter gemar membaca peserta didik, serta
pemberian motivasi terhadap peserta didik pun sangat penting untuk
menumbuhkan karakter gemar membaca pesertadidik.
2020SPGSD0115.C1 | 115 HER | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain