Text
Analisis Kesesuaian Langkah-Langkah Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX Di SMA/SMK Bogor
ABSTRAK
Muhlidatul Hidayat: Analisis Kesesuaian Langkah-langkah Model Pembelajaran
Discovery Learning dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia Kelas XI di SMA/SMK Bogor. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2020.
Dalam merancang perencanaan pembelajaran guru harus mampu mendesain
pembelajaran seperti tuntutan kurikulum 2013. Salah satu model pembelajaran yang
diterapkan pada kurikulum 2013 yaitu discovery learning. Penelitian ini mengkaji
langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI. Fokus penelitian ini adalah
langkah-langkah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMA/SMK Bogor. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesesuaian langkah-
langkah model pembelajaran discovery learning dalam kegiatan belajar mengajar pada
rencana pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di
SMA/SMK Bogor. Metode yang digunakan metode deskriptif kualitatif, melalui
metode deskriftif ini, penulis mencoba mendeskripsikan model pembelajaran
discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajara mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas XI. Data dan sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah
kutipan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berupa kata atau kalimat yang
terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran guru mata pelajaran Bahasa
Indonesia kelas XI di SMA/SMK Bogor. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
adalah teknik dokumentasi, teknik dokumentasi ini yaitu teknik mencari data
mengenai hal-hal yang valid melalui pengamatan penulis. Berdasarkan hasil analisis
data ditemukan 48 data, setiap langkah model tersebut terdiri atas 8 data ditandai
dengan kegiatan memberi motivasi, membaca, mengajukan pertanyaan, berdiskusi,
menafsirkan data, mengomunikasikan dan menyimpulkan pembelajaran. Dengan
menggunakan model pembelajaran discovery learning yang sesuai dengan langkah-
langkahnya akan berdampak baik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kata kunci: RPP, model discovery learning, mata pelajaran Bahasa Indonesia.
2020SI0018.C1 | 18 HID | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain