Text
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil belajaran Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial: studi ini denga pendekatan penelitian kelas pada asiswa kelas V sekolah dasar negri cibeuteung udik 01 kecamatan ciseeng kabupaten bogor tahun pelajaran 2015/1016
ABSTRAK Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, yang mana peneliti bertindak sebagai pengajar langsung dan kolaborator sebagai pengamat. Prosedur kerja dilaksanakan bersiklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Siklus pertama dilakukan sebanyak 1 kali pertemuan, dan siklus ke dua hanya 1 kali pertemua. Setelah diterapkan model pembelajaran Picture And Picture hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Begitu pula pada pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, pada siklus I memperoleh nilai 73% dan pada siklus II memperoleh nilai 82,66% dan terjadi peningkatan sebesar 9,66%. Selain itu terlihat pada aktivitas belajar siswa meningkat, hal ini ditunjukkan pada siklus pertama total nilai 63,14% pada perubahan perilaku siswa dan pada siklus kedua dengan nilai 76,14%, terjadi peningkatan sebesar 13%. Hal ini ditunjukkan Hasil Belajar pada siklus pertama dengan nilai rata-rata sebesar 62,71 dan pada siklus kedua dengan nilai rata-rata 81. Serta ketuntasan secara klasikal pada siklus pertama sebesar 51,42% dan pada siklus kedua sebesar 82,35% dan terjadi peningkatan sebesar 30,93% dengan Penelitian Tindakan Kelas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Picture And Picture dapat Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Negeri Cibeuteung Udik 01 Kecamatan Ciseeng Kabupaten Bogor. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif Picture And Picture
2015SPGSD0277.ID | 277 PRA | Rak Skripsi PGSD (PGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain