Text
Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII Smp Bahrul Ulum Kota Bogor
Maharani: Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Bahrul Ulum
Kota Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Project Based
Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas
VIII SMP Bahrul Ulum Kota Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami
oleh peserta didik dalam menulis naskah drama. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
tes, non tes berupa observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui
keterampilan menulis naskah drama, sementara angket digunakan untuk
mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar
mengajar dengan menerapkan model tersebut dalam menulis naskah drama.
Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan
model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah
drama dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan
diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 45,7. Dari data tersebut
dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang
mampu dalam menulis naskah drama. Sementara itu, pada hasil postes menunjukan
peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis naskah drama menjadi
80,8 dengan taraf mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu
signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 35,1. Kemudian dapat dilihat juga
dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,75. Dengan demikian t0 lebih besar dari
padat t1,672,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap
peserta didik dalam menulis naskah drama terbukti kebenarannya. Berdasarkan
hasil angket, yang menyatakan sebanyak 76% peserta didik mengalami kendala
dalam menentukan ide, peserta didik juga mengalami kendala pada saat
mengerjakan tugas dengan kelompok dalam menulis naskah drama dengan
persentase 44%. Selain itu, peserta didik mengalami kendala pada saat
menuangkan ide pada saat menulis naskah drama dengan persentase 56%. Dengan
demikian, penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan
keterampilan menulis naskah drama.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, naskah drama, model Project Based Learning
2020SI0014.C1 | 14 MAH | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain