Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII Smp Bahrul Ulum Kota Bogor
Penanda Bagikan

Text

Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas VIII Smp Bahrul Ulum Kota Bogor

Maharani/032115047 - Nama Orang;

Maharani: Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan
Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Bahrul Ulum
Kota Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Project Based
Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas
VIII SMP Bahrul Ulum Kota Bogor, serta untuk mengetahui kendala yang dialami
oleh peserta didik dalam menulis naskah drama. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
tes, non tes berupa observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui
keterampilan menulis naskah drama, sementara angket digunakan untuk
mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar
mengajar dengan menerapkan model tersebut dalam menulis naskah drama.
Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A sebagai kelas eksperimen
dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penerapan
model Project Based Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis naskah
drama dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan
diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 45,7. Dari data tersebut
dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang
mampu dalam menulis naskah drama. Sementara itu, pada hasil postes menunjukan
peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis naskah drama menjadi
80,8 dengan taraf mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu
signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 35,1. Kemudian dapat dilihat juga
dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,75. Dengan demikian t0 lebih besar dari
padat t1,672,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap
peserta didik dalam menulis naskah drama terbukti kebenarannya. Berdasarkan
hasil angket, yang menyatakan sebanyak 76% peserta didik mengalami kendala
dalam menentukan ide, peserta didik juga mengalami kendala pada saat
mengerjakan tugas dengan kelompok dalam menulis naskah drama dengan
persentase 44%. Selain itu, peserta didik mengalami kendala pada saat
menuangkan ide pada saat menulis naskah drama dengan persentase 56%. Dengan
demikian, penerapan model Project Based Learning dapat meningkatkan
keterampilan menulis naskah drama.
Kata Kunci: Keterampilan menulis, naskah drama, model Project Based Learning


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Indonesia (RSI) 14 MAH
2020SI0014.C1
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
14 MAH
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2020
Deskripsi Fisik
iii,143 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
14 MAH p 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Naskah Drama
Keterampilan Menulis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dra. Tri Mahajani, M.Pd. dan Dadan Suwarna, M.Pd.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?