Text
Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Taman Sari Bogor
Natasia Dwie Purnamasari: Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Tamansari, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMAN 1 Tamansari, serta untuk mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik dalam menulis puisi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, non tes berupa observasi, dan angket. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis puisi, sementara angket digunakan untuk mengetahui kendala yang dialami oleh setiap peserta didik pada saat proses belajar mengajar menggunakan media tersebut dalam menulis puisi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Sampling (Area Sampling). Hipotesis pertama yaitu penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi dapat teruji kebenarannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan diperolehnya data prates kelas eksperimen dengan rata-rata 46,07. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan peserta didik berada dalam taraf kurang mampu dalam menulis puisi. Sementara itu, pada hasil postes menunjukan peningkatan, nilai rata-rata kelas eksperimen dalam menulis puisi menjadi 75,57 dengan taraf mampu. Hal tersebut menunjukan peningkatan yang begitu signifikan pada kelas eksperimen yaitu sebesar 29,05. Kemudian dapat dilihat juga dari perhitungan mean diperoleh t0,99 = 2,85. Dengan demikian t0 lebih besar daripada tt 1,672,39. Hipotesis kedua yaitu kendala yang dialami oleh setiap peserta didik dalam menulis puisi terbukti kebenarannya. Berdasarkan hasil angket, yang menyatakan sebanyak 57% peserta didik mengalami kendala dalam menuangkan pikiran dan perasaan ketika menulis puisi, peserta didik juga mengalami kendala pada saat menyusun rima dalam menulis puisi dengan persentase 71%. Selain itu, peserta didik mengalami kendala pada saat memilih gaya bahasa dalam menulis puisi dengan persentase 64%. Dengan demikian, penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi.
2019SI0098.C1 | 98 PUR | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain