Text
Hubungan Disiplin Belajar DEngan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika: penelitian korelasi pada kelas IV sekolah dasar negeri ciluar 01kota bogor semester genap tahun pelajaran 2019/2020
Melinda Eka Pratiwi. 037115221. Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil
Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Kegururan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode studi korelasional pada disiplin
belajar sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai
variabel terikat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik Subjek penelitian ini
adalah kelas IVA, dan IVB, Sekolah Dasar Negeri Ciluar 01 Kota Bogor
Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 berjumlah 80 dengan
sampel sebanyak 44 responden. Data penelitian ini diperoleh dengan
menggunakan kuisioner skala likert untuk variabel disiplin belajar dan
menggunakan soal tes untuk variabel hasil belajar matematika. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan
antara disiplin belajar dengan hasil belajar matematika. Hal ini
berdasarkan analisis statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy)
sebesar 0,689 dan dalam pola permasalahannya menjadi Ŷ = -23,89 +
0,89x. yang berarti tingkat hubungan tergolong kuat dan diperoleh thitung
sebesar 6,166 lebih besar dari ttabel dengan taraf nyata nyata 0,05 sebesar
2,018 yang berarti signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat
disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara
disiplin belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran
matematika.
2020SPGSD0097.C1 | 97P PRA | Rak Skripsi PGSD (RPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain