Skripsi PGSD
Pengaruh Disiplin Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV: studi ini pendektan kausal pada siswa di sekolah dasar negri ciriung 04 kabupaten bogor semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
Destia Ayu Wulandari 037116147. Pengaruh Disiplin Terhadap
Kemandirian Belajar Siswa Kelas IV. Skripsi Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas
Pakuan. Bogor.2020.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04
Kab.Bogor yang berjumlah 73 siswa. Sampel yang diambil 42 siswa yang
diperoleh dengan menggunakan instrumentangket untuk kedua variabel.
Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian
dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dengan
homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan
terdapat pengaruh disiplin terhadap kemandirian belajar siswa kelas
IV.Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu model
hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ=
61,06 + 0,23x. Hasil penelitian ini ditunjukan dengan analisis statistikyang
menghasilkan koefisien korelasi (rxy) 0,93. Sedangkan koefisien
determinasi sebesar 86,49%. Teknik analisis regresi dan korelasi
sederhana disiplin dengan kemandirian belajar siswa menghasilkan suatu
pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ=
61,06 + 0,23x yang berarti setiap kenaikan unit disiplin menyebabkan
kenaikan kemandirian belajar siswa sebesar 0,23 unit. Berdasarkan hasil
penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
positif antara Disiplin dengan Kemandirian Belajar Siswa Kela IV di
Sekolah Dasar Negeri Ciriung 04 Kab.Bogor tahun pelajaran 2020/2021.
2020SPGSD0225 | 225 WUL | Rak Skripsi PGSD (RPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain