Text
Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringa (Daring) Tehadap Hasil Belajar Matematika: penelitian kausal pada kelas III sekolah dasar ciadeg 02 kabupaten bogor semester gasal tahun pelajaran 2020/2021
Egi Nugraha 037116142 Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Hasil
Belajar Matematika. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar
Matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III Sekolah
Dasar Negeri Ciadeg 02 Kabupaten Bogor. Teknik pengujian prasyarat analisis
berupa uji normalitas, kemudian dilakukan pengujian homogenitas. Data yang
dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang
hasilnya menunjukan terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil
belajar matematika. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan
suatu model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu
Ŷ = 15,38 + 0,19X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis statistik yang
menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,628. Sedangkan koefisien
determinasi sebesar 39%. Teknik analisis regresi dan korelasi sederhana
pembelajaran daring terhadap hasil belajar matematika menghasilkan suatu
pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 15,38 +
0,19X, yang berarti setiap kenaikan unit pembelajaran daring menyebabkan
kenaikan hasil belajar sebesar 0,19 unit. Berdasarkan hasil penelitian di atas,
maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pembelajaran
daring terhadap hasil belajar matematika kelas III di Sekolah Dasar Negeri
Ciadeg 02 Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021.
2020SPGSD0095.C1 | 95 NUG | Rak Skripsi PGSD (RPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain