Text
Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika: studi korelasional do laksanakan di kelas V sekolah dasar negeri kota batu 8 kecamatan ciomas kabupaten bogor semeter genap tahun pelajaran 2019/2020
Angga Himawan Saputra. 037113045. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan, 2019.
Penelitian ini merupakan studi korelasional melalui metode survei. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemandirian bealajar terhadap prestasi belajar matematika. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan kuesioner berskala lima untuk variabel kemandirian belajar, sedangkan data nilai murni Ujian Akhir Sekolah (UAS) Matematika siswa semester ganjil untuk variabel prestasi belajar matematika. Uji validitas instrumen dihitung menggunakan rumus Koefisien Korelasi Product Moment Pearson dan untuk koefisien reliabilitas dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kotabatu 8 Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Semester Genap 2019/2020 yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang diambil 47 siswa, diperoleh menggunakan rumus Taro Yamaro.
Pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas dengan Uji Liliefors. Setelah dari Uji Normalitas kemudian dilakukan Pengujian Homogenitas dengan Uji Fisher untuk menunjukan populasi bersifat homogen. Data yang sudah dinyatakan normal dan homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika. Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana menghasilkan suatu model pengaruh yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ= -114,373 + 1,595x, artinya setiap peningkatan satu unit kemandirian belajar maka akan meningkatkan prestasi belajar matematika sebesar 1,595 unit. Hasil pengujian korelasi sederhana nilai r = 0,98 yang berarti terdapat pengaruh terhadap variabel sangat kuat, sedangkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,96 yang berarti kemandirian belajar (X) terhadap prestasi belajar matematika (Y) : (terdapat pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap prestasi belajar matematika (Y)).
Berdasarkan hasil penelitian di atas disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika.
2019SPGSD0214.c1 | 214 SAP | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain