Text
Pengaruh Pembelajaran Reward Dan Punishment Terhadap Peningkatan Keaktivan Belajar Peserta Didik: penelitian kuantitatif melalui pendekatan studi kausal pada kelas IV sekolah dasa negri sukahati 01 kabupaten bogor semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
Lisa Setiani. 037116144. Pengaruh Pemberian Reward dan
Punishment Terhadap Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan Bogor. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif melalui pendekatan kausalitas
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh reward dan
punishment terhadap keaktifan belajar peserta didik. Uji validitas
instrumen variabel reward dan punishment dengan keaktifan belajar
peserta didik menggunakan rumus Product Moment Pearson dan uji
reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Sampel yang
digunakan pada penelitian ini sebanyak 47 peserta didik, diperoleh
menggunakan rumus Taro Yamane. Harga koefisien persamaan
regresi Ŷ= 12,02+(0,77X). Hal ini berarti setiap kenaikan satu unit
variabel Reward dan Punishment akan menyebabkan peningkatan
Keaktifan Belajar Peserta Didik sebesar 0,77 unit. Untuk kontribusi
Reward dan Punishment terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik
ditunjukkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,91 thitung > ttabel (α = 0,05)
= 14,5 > 1,71 dengan koefisien determinasi 0,8281. Berdasarkan hasil
penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
reward dan punishment terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas
IV Sekolah Dasar Negeri Sukahati 01 Kecamatan Citeureup
Kabupaten Bogor tahun pelajaran 2020/2021.
2020SPGSD0105. C1 | 105 SET | Rak Skripsi PGSD (PGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain