Text
Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Teks Pidato Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Babakan Madang Kabupaten Bogor
Ajeng Sari Puspiani: Analisis Kesalahan Penggunaan Kalimat Efektif dalam
Teks Pidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Pakuan, Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan kalimat
efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang. Fokus
permasalahan penelitian ini yaitu mengetahui kesalahan penggunaan kalimat efektif
dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang dilihat dari aspek
kesepadanan, aspek keparalelan, aspek ketegasan, aspek kehematan, dan aspek
kepaduan. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskripsi kualitatif dengan
dengan menempuh langkah-langkah pengumpulan data, klasifikasi analisis, atau
pengolahan data, dan membuat kesimpulan atau membuat laporan. Hasil penelitian
ditemukan 75 kesalahan dari 32 teks pidato yang ditulis oleh siswa. Kesalahan
kalimat efektif pada teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1 Babakan Madang
adalah; dari aspek kesepadanan sebanyak 2 kutipan (3%), aspek keparalelan
sebanyak 8 kutipan (11%), aspek ketegasan sebanyak 16 kutipan (21%), aspek
kehematan sebanyak 30 kutipan (40%), dan aspek kepaduan sebanyak 19 kutipan
(25%). Kesalahan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1
Babakan Madang paling banyak dilihat dari aspek kehematan, dalam aspek
kehematan banyak siswa yang mengulang kata dan menggunakan kata yang tidak
perlu sehingga terjadi pemborosan kata, banyak juga siswa yang menjamakkan kata
ulang. Kesalahan kalimat efektif dalam teks pidato siswa kelas IX SMP Negeri 1
Babakan Madang dapat dijadikan bahan acuan dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia.
2020SI0023.C1 | 23 PUS | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain