Text
Analisis Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi Atlet Taekwondo: penelitian kualitatif studi kasus pada peserta didik kelas v sekolah islam plus daarul cibinong semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
iv
ABSTRAK
Yumsah Zuhrufa Azharini, 037116036. Analisis Gaya Belajar
Peserta Didik Berprestasi Atlet Taekwondo. Skripsi Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Pakuan Bogor, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Gaya
Belajar Peserta Didik Berprestasi Atlet Taekwondo. Bertempat di Sekolah
Dasar Islam Plus Daarul Jannah Cibinong dilaksanakan pada Semester
Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupalan
penelitian kualitatif studi kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu seorang
anak berprestasi dalam bidang olahraga Taekwondo. Pada
pelaksanaanya Teknik pengumpulan dan perekaman data yang
digunakan peneliti yakni secara triangulasi gabungan informasi antara
hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi
reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan
hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa gaya belajar peserta didik
berprestasi atlet taekwondo menggunakan gaya belajar audio dan
kinsestetik namun memiliki kecenderungan gaya belajar audio terutama
ketika belajar di rumah yang dilakukan secara online untuk menyerap
informasi terutama dalam hal mendengar. Kemampuan awal peserta didik
membaca hafalan surat pendek membaca dengan lancar dan lantang.
Peserta didik merasa terganggu pada saat belajar online melalui aplikasi
Microsoft team saat teman-temannya saling membuat suara gaduh dan
membuat peserta didik konsentrasinya terganggu.
Kata kunci: Gaya Belajar dan Taekwondo
Tidak tersedia versi lain