Text
Analisis Kesesuaian Langkah Langkah Model Discovery Learning Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Teks Biografi Kelas x Di Sman 1 Tenjilaya Kabupaten Bogor
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan perencanaan yang harus dimiliki oleh seorang guru, yang dibuat secara rinci dari suatu materi pokok untuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dengan adanya RPP ini kemungkinan proses pelaksanaan pembelajaran akan sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Adapun RPP yang tidak sesuai dengan proses pembelajaran karena bersifat situasional, misalnya pada saat pembelajaran tidak dapat digunakan di dalam kelas karena suatu kendala secara teknis. Fokus penelitian ini ialah model pembelajaran discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X di SMAN 1 Tenjolaya. Subfokus penelitian ini adalah Langkah-langkah model discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X di SMAN 1 Tenjolaya. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui kesesuaian langkah-langkah model discovery learning dalam rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas X di SMAN 1 Tenjolaya. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif. Data penelitian berupa data rencana pelaksanaan pembelajaran menulis teks biografi kelas x di SMAN 1 Tenjolaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitian menggunakan teknik studi pustaka yaitu pengumpulan data yang diarahkan kepada pengumpulan data dan informasi melalui dokumen dokumen, baik dokumen tertulis, gambar, maupun dokumen elektronik. Hasil analisis penelitian ini tidak semua langkah kegiatan pada data analisis tersebut termasuk ke dalam kategori tahapan model discovery, tetapi terdapat juga kegiatan yang termasuk pada kategori pendekatan saintifik. Simpulan dari penelitian ini ialah dari dua puluh empat data penelitian, ada beberapa langkah-langkah yang dibuat oleh guru sesuai dengan sintak discovery learning, dan terdapat juga beberapa langkah-langkah yang kurang sesuai dengan sintak discovery learning. Kegiatan tersebut sesuai jika dikategorikan sebagai pendekatan saintifik.
2020PGSD0030.C1 | 30 SEP | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain