Text
Pengaruh Kraetivitas Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi: penelitian kausal di kelas v dasar negeri cilendek timur 1 kota bogor semester genap tahun pelajaran 2019/2020
Reni Adiyani 037116063 Pengaruh Kreativitas Terhadap Keterampilan
Menulis Karangan Narasi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pakuan 2020. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara Kreativitas terhadap
keterampilan menulis karangan narasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur
1.Teknik pengujian prasyarat analisis berupa uji normalitas, kemudian
dilakukan pengujian homogenitas. Data yang dinyatakan normal dan
homogen digunakan untuk menguji hipotesis yang hasilnya menunjukan
terdapat pengaruh kreativitas dengan keterampilan menulis karangan
narasii. Teknik analisis regresi korelasi sederhana menghasilkan suatu
model hubungan yang dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu
Ŷ = 21,64 + 0,538X. Hasil penelitian ini ditunjukkan dengan analisis
statistik yang menghasilkan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,92.
Sedangkan koefisien determinasi sebesar 84,64%.Teknik analisis regresi
dan korelasi sederhana kreativitas dengan keterampilan menulis karangan
narasi peserta didik menghasilkan suatu model hubungan yang
dinyatakan dalam bentuk persamaan regresi yaitu Ŷ = 21,64+0,538(X),
yang berarti setiap kenaikan unit kreativitas menyebabkan kenaikan
keterampilan menulis karangan narasi sebesar 0,538 unit. Berdasarkan
hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang positif antara Kreativitas terhadap keterampilan menulis karangan
narasi kelas V di Sekolah Dasar Negeri Cilendek Timur 1 Kota Bogor
tahun pelajaran 2019/2020.
2020PGSD0032.C1 | 32 ADI | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain