Text
Hubungan Antara Multiple Intelligences Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa
ABSTRAK
FIRYAL AULIA IKBARI. 036116003. Hubungan Antara Multiple
Intelligences Dengan Keterampilan Proses Sains Siswa. Skripsi.
Universitas Pakuan. Bogor. Dibawah bimbingan Dr. Triasianingrum
SU, dan Rita Istiana, S.Si., M.Pd.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang terdiri atas variabel
bebas (X) yaitu multiple intelligences dan variabel terikat (Y) yaitu
keterampilan proses sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara multiple intelligences dengan keterampilan proses sains,
serta untuk mengetahui kekuatan hubungan, bentuk hubungan dan hubungan
fungsionalnya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019
hingga Agustus 2020. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas
XI MIPA SMA Negeri 4 Cibinong tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah
sampel sebanyak 154 responden. Data penelitian dengan instrumen
kuisioner dengan skala sikap (rating scale) untuk variabel bebas dan
instrumen pilihan ganda untuk variabel terikat. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan teknik proposional random sampling. Uji
validitas instrumen variabel bebas menggunakan Korelasi Point Biserial dan
uji reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson (KR20). Uji validitas
instrument variabel terikat menggunakan Product Moment Pearson dan uji
reliabilitas menggunakan Alpha Cornbach. Hasil pengujian prasyarat
analisis berupa uji normalitas kolmogorov-smirnov test untuk Y atas X
menunjukan galat baku berdistribusi normal. Selanjutnya dilakukan uji
homogenitas dengan Levene Statistic menunjukan distribusi bersifat
homogen. Pengujian hipotess menggunakan uji korelasi dengan Product
Momen Pearson dengan SPSS 26. Hasil analisis terdapat hubungan positif
antara multiple intelligences dengan keterampilan proses sains, dengan
persamaan regresi Ŷ = 27,228 + 0,128x. Koefisien korelasi (r) sebesar 0,409
sedangkan koefisien determinasi (r2) dihitung sebesar 16,7%.. keterampilan
proses sains dapat dilihat dari multiple intelligences sedangkan 83,3%
terbentuk dari faktor-faktor lain yang turut membentuk keterampilan proses
sains siswa.
Kata kunci: Multiple Intelligences, Keterampilan Proses Sains
2020SB0023.C1 | 23 IKH | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain