Text
Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Permasalahan Lingkungan Daerah Aliran Sungai (Das) Citarum Ditinjau Dari Literasi Ekologi
Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory
(kuantitatif-kualitatif) yang terdiri atas variabel bebas (X) yaitu literasi ekologi dan
variabel terikat (Y) yaitu Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Permasalahan
Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan informasi mengenai hubungan antara kemampuan siswa dalam
menganalisis permasalahan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum
dengan literasi ekologi dan untuk mengetahui faktor lain yang memiliki
hubungannya dengan kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan
lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2020. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciranjang tahun ajaran 2019/2020 dengan
jumlah sampel sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling dengan kriteria Slovin.
Pengambilan data kuantitatif menggunakan soal tes berupa uraian untuk variabel Y
dan kombinasi kuesioner dan butir soal untuk variabel X. Setelah dilakukan uji
korelasi product moment pearson diperoleh hasil terdapat hubungan positif kategori
rendah antara literasi ekologi dan kemampuan siswa dalam menganalisis
permasalahan lingkungan DAS Citarum disebabkan oleh masih rendahnya minat
membaca siswa, dengan persamaan regresi Ŷ= 88,025 + 0,474x dengan koefisien
korelasi r = 0,22 dan r2 sebesar 5,04%. Harga r2 mengandung arti bahwa 5,04%
kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan lingkungan DAS Citarum
dipengaruhi oleh literasi ekologi siswa. Berdasarkan hasil wawancara faktor-faktor
yang dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan
lingkungan DAS Citarum yaitu keluarga, kebiasaan, kesadaran diri sendiri, dan
lingkungan sekitar.
2020SB0024. | 24 LES | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain