Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Permasalahan Lingkungan Daerah Aliran Sungai (Das) Citarum Ditinjau Dari Literasi Ekologi
Penanda Bagikan

Text

Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Permasalahan Lingkungan Daerah Aliran Sungai (Das) Citarum Ditinjau Dari Literasi Ekologi

Lestari Suci Putri/036116023 - Nama Orang;

Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi Sequential Explanatory
(kuantitatif-kualitatif) yang terdiri atas variabel bebas (X) yaitu literasi ekologi dan
variabel terikat (Y) yaitu Kemampuan Siswa Dalam Menganalisis Permasalahan
Lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan informasi mengenai hubungan antara kemampuan siswa dalam
menganalisis permasalahan lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum
dengan literasi ekologi dan untuk mengetahui faktor lain yang memiliki
hubungannya dengan kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan
lingkungan Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Januari sampai dengan bulan Juli 2020. Populasi pada penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Ciranjang tahun ajaran 2019/2020 dengan
jumlah sampel sebanyak 140 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan
dengan menggunakan teknik Proposional Random Sampling dengan kriteria Slovin.
Pengambilan data kuantitatif menggunakan soal tes berupa uraian untuk variabel Y
dan kombinasi kuesioner dan butir soal untuk variabel X. Setelah dilakukan uji
korelasi product moment pearson diperoleh hasil terdapat hubungan positif kategori
rendah antara literasi ekologi dan kemampuan siswa dalam menganalisis
permasalahan lingkungan DAS Citarum disebabkan oleh masih rendahnya minat
membaca siswa, dengan persamaan regresi Ŷ= 88,025 + 0,474x dengan koefisien
korelasi r = 0,22 dan r2 sebesar 5,04%. Harga r2 mengandung arti bahwa 5,04%
kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan lingkungan DAS Citarum
dipengaruhi oleh literasi ekologi siswa. Berdasarkan hasil wawancara faktor-faktor
yang dapat memengaruhi kemampuan siswa dalam menganalisis permasalahan
lingkungan DAS Citarum yaitu keluarga, kebiasaan, kesadaran diri sendiri, dan
lingkungan sekitar.


Ketersediaan
#
Rak Skripsi Biologi (RSB) 24 LES
2020SB0024.
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
24 LES
Penerbit
Bogor : FKIP Unpak., 2020
Deskripsi Fisik
vii,88hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
24 LES k 2020
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Kemampuan Menganalisis
Permasalahan Lingkungan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Hj. Rita Retnowati, M.s Dan Rita Istiana, S.Si, M.Pd
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • full text
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?