Skripsi Indonesia
Analisis Penggunaan Konjungsi Koordinatif dan Subordinatif Pada Teks Deskripsi Siswi Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bogor
Siti Rossi Irawan: Analisis Penggunaan Konjungsi Koordinatif dan Subordinatif pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bogor, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pakuan Bogor, 2020.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif pada teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bogor, serta untuk mengetahui penggunaan jenis konjungsi yang lebih dominan pada teks deskripsi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode deskriptif kualitatif, artinya data yang ditemukan berupa kata-kata dan hasilnya akan dipaparkan secara deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Bogor dengan 30 teks siswa sebagai sumber datanya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah studi pustaka dengan melakukan pengkajian terhadap teks siswa. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Konjungsi yang menjadi fokus penelitian yaitu konjungsi koordinatif dan subordinatif. Dari hasil penelitian tersebut ditemukan penggunaan konjungsi koordinatif dan subordinatif sebanyak 440 data. Terdapat jenis konjungsi koordinatif ditemukan pada kalimat yang menunjukan hubungan penjumlahan, memilih, mempertentangkan, menegaskan, mengurutkan, dan menyamakan. Jenis konjungsi subordinatif ditemukan pada kalimat yang menunjukan hubungan waktu, syarat, tujuan, kosesif, pembandingan, sebab, hasil, alat, cara, komplementasi, atributif. Dengan mencermati hasil analisis penggunaan konjungsi pada teks deskripsi siswa tersebut dapat diketahui bahwa yang paling banyak digunakan oleh siswa dalam membuat teks deskripsi adalah konjungsi berupa subordinatif. Hasil penelitian ini memberikan hal yang positif bagi pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah.
2020SI0022.C1 | 22 IRA | Rak Skripsi Indonesia (RSI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain