Text
Hubungan Self Efficacy Dengan Kemandirian Belajar Peserta Didik: penelitian kuantitatif melalui pendekatan korelasi pada kelas v sekolah negeri polisi 4 kota bogor semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021
Apni Nurhadini Desyana. 037116189. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Hubungan Self Efficacy Dengan Kemandirian Belajar Peserta
didik pada peserta didik kelas VA, VB dan VC Sekolah Dasar Negeri Polisi
4 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor Semester Ganjil tahun Pelajaran
2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasi, subyek
penelitian ini berjumlah 109 peserta didik kelas VA, VB dan VC Sekolah
Dasar Negeri Polisi 4 Kecamatan Bogor Tengah Kota Bogor. Kemudian
diambil sampel sebanyak 52 peserta didik yang diperoleh dengan
menggunakan rumus Taro Yamane. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan kuisioner angket berupa skala likert untuk self efficacy dan
kemandirian belajar peserta didik. Uji validitas instrumen dihitung
menggunakan rumus koefisien Product Moment Pearson dan uji reliabilitas
menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil pengujian persyaratan analisis
pada uji normalitas menggunakan uji Liliefors menunjukkan hasil Lhitung =
0,0811 < Ltabel = 0,1228 yang berdistribusi normal. Pada pengujian
homogenitas dengan menggunakan uji Fisher, hasilnya menunjukkan Fhitung
= 1,12 < Ftabel= 4,03 yang bersifat homogen. Pengujian hipotesis penelitian
dilakukan dengan teknik analisis regresi linear sederha dengan Ŷ = 19,5 +
0,89 X artinya setiap peningkatan satu unit self efficacy maka akan
meningkatkan kemandirian belajar peserta didik sebesar 0,89 unit.
Pengujuan korelasi sederhana menyatakan bahwa r = 0,84 yang berarti
terdapat hubungan kedua variabel yang sangat kuat. Persyaratan uji
hipotesis statistika; H0 : ρy = 0 (tidak terdapat hubungan self efficacy (X)
dengan kemandirian belajar peserta didik (Y)); Ha : ρy > 0 terdapat
hubungan self efficacy (X) dengan kemandirian belajar peserta didik (Y)).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang positif dan signifikan antara self efficacy dengan
kemandirian belajar peserta didik pada kelas V SDN Polisi 4 Kota Bogor
Tahun Pelajaran 2020/2021.
Kata Kunci : self efficacy, kemandirian belajar peserta didik, korelasi
2020SPGSD0110.C1 | 110 DES | Rak Skripsi PGSD (RSPGSD) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain