Text
Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah
Astuti Ramadhanti Yusup. 036115008. Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Skripsi. Universitas Pakuan. Bogor. Di bawah bimbingan Dra. R. Teti Rostikawati, M.Si., dan Rita Istiana, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul berbasis contextual sebagai bahan ajar pada materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseach and Development) dengan desain 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - Oktober 2019. Populasi pada penelitian adalah siswa Kelas X MIPA MAN 4 Bogor tahun akademik 2019/2020. Sampel penelitian yaitu X MIPA 2 untuk kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang siswa. Uji coba terbatas pada penelitian ini menggunakan one group pretest-postest tanpa menggunakan kelas kontrol. Berdasarkan hasil validasi modul berbasis CTL oleh tiga orang validator menunjukkan kriteria valid dengan tingkat pencapaian 82,33% sehingga modul layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hasil analisis sensitivitas menunjukkan bahwa modul memiliki kriteria sensitif dalam meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Hasil analisis N-gain pretest dan postest menunjukkan rata-rata nilai N-gain 0,66 dengan kriteria sedang.
2020SB0045.C1 | 45 YUS | Rak Skripsi Biologi (RSB) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain